Trik Membiasakan Anak Minum Air Putih

01 February 2018 Admin 3 min read
Share to :

Hidup sehat diawali dengan asupan yang sehat pula. Selain makanan, asupan cairan tubuh yang sehat juga harus terpenuhi. Seperti kita tahu, 80% tubuh kita terdiri dari cairan. Untuk itu kebutuhan cairan tubuh harus terpenuhi dengan air putih. Namun, membiasakan diri untuk minum air putih cukup menguras tenaga terlebih untuk anak-anak. Anak-anak lebih menyukai minuman berwarna dan berasa daripada air putih. Berdasarkan riset di 13 negara yang dipublikasikan oleh European Journal of Nutrition, diketahui bahwa satu dari empat anak di Indonesia masih kurang minum, di mana 30% yang dikonsumsi bukanlah air putih. Oleh karena itu, bayi dan anak-anak rentan mengalami kekurangan cairan tubuh. Untuk itu, orang tua harus punya trik khusus untuk mensiasati anak agar terbiasa minum air putih.

1. Perkenalkan Air Putih Sejak Dini
Setelah selesai dengan ASI ekslusif, biasanya anak akan diberi susu formula untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Namun, jangan lupa untuk memperkenalkan air putih terlebih dahulu sebelum minuman yang berasa.

2. Gunakan Gelas yang Menarik
Biasanya anak-anak akan tertarik dengan peralatan makan atau minum dengan bentuk lucu dan berwarna warni. Manfaatkan itu untuk menarik perhatian anak agar mau minum air putih. Jika anak menyukai tokoh kartun tertentu, gunakan tempat minum bergambar tokoh kartun kesukaan si anak. Perlahan anak tersebut akan terbiasa minum air putih dari tempat minum tersebut.

3. Beri Contoh
Orang tua harus menjadi role model yang baik untuk anak termasuk dalam membiasakan diri minum air putih. Perlihatkan pada anak saat kamu sedang minum air putih. Dengan melihat kebiasaan orang tua, si anak perlahan-lahan akan meniru. Ingat, orang tua memiliki peran besar menjaga agar asupan cairan ke dalam tubuh si anak tetap seimbang agar tidak menyebabkan dehidrasi.

4. Ajak Bermain dan Berolahraga
Orang tua dapat mengajak anak untuk beraktivitas fisik seperti bermain di halaman atau berolahraga. Selain menyehatkan tubuh dan mengasah perkembangan anak, aktivitas tersebut juga akan menimbulkan rasa haus sehingga anak akan cenderung meminta minum setelah aktivitas berakhir. Momen ini bisa dimanfaatkan untuk memberikan air putih hingga akhirnya ia akan terbiasa mengkonsumsinya.

5. Jangan Biarkan Botol Minum Kosong
Jangan lupa untuk selalu mengisi botol minum anak dengan air putih. Jika konsumsi susu sudah cukup, jangan isi botol minum anak dengan teh atau air berasa lainnya. Jika si anak sudah mulai sekolah selalu taruh sebotol air putih di tasnya. Dengan hal ini anak akan terbiasa minum air putih. Cara-cara di atas mungkin tidak akan berhasil dengan sekali coba. Jadi, orang tua tidak boleh bosan mengajak anak untuk lebih sehat dengan minum air putih. Nah, untuk pemilihan air pun harus diperhatikan. Tidak semua air putih sama. Cheers Alkaline Powered adalah air minum yang diproduksi dengan teknologi Alpha Ion Alkalizer sehingga menghasilkan air minum dengan pH basa (8-8.5). Kandungan pH basa/alkalinya membantu menyeimbangkan pH tubuh dan meningkatkan metabolisme.

Trending

01

Memilih Air Minum pH Tinggi? Perhatikan Hal-Hal Ini!
29 December 2022 Admin 5min read

03

Sehat dan Seimbang dengan Air Minum pH Tinggi
10 November 2022 Admin 5min read

04

5 Tips Tetap Aktif dan Produktif di Bulan Puasa
05 April 2022 Admin 4min read

05

Makin Sehat di 2022, Bisa Yuk!
27 December 2021 Admin 5min read

06

07

08

2.400 Air Minum CHEERS Untuk TNI Bangkalan
25 June 2021 Admin 3min read

09

Kebiasaan Pagi Hari Ini Buat Kulit Kamu Sehat
02 June 2021 Admin 3min read

010

Tetap Seru Lebaran Di Rumah Saja
08 May 2021 Admin 3min read

011

Tips Tingkatkan Self Love
24 April 2021 Admin 3min read

012

Perhatikan Hal Ini Sebelum Olahraga Ketika Puasa
16 April 2021 Admin 3min read

013

Perhatikan Asupan Alkaline Kamu Cheers Friends!
22 January 2018 Admin 3min read

014

Trik Berolahraga Bagi Kamu yang Super sibuk
21 November 2017 Admin 3min read

015

Meningkatkan Metabolisme? Lakukan 5 Cara Ini!
13 October 2017 Admin 3min read

016

8 Fakta Kondisi Tubuh Saat Puasa
02 June 2017 Admin 3min read
Chat us on
Whatsapp
Chat us on Whatsapp