Gangguan Metabolisme? Bisa Jadi Ini Sebabnya

08 September 2016 Admin 3 min read
Share to :

Metabolisme adalah salah satu proses penting pada tubuh manusia. Proses metabolisme akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius jika tidak berjalan dengan lancar. Metabolisme sendiri merupakan sistem dalam tubuh yang mengubah kalori menjadi energi. Jika metabolisme lancar, energi kita akan maksimal untuk beraktivitas. Sebaliknya, jika metabolisme lambat, kalori tidak akan terbakar maksimal menjadi energi sehingga aktivitas kita pun bisa terhambat.

Lambatnya metabolisme mengarah pada penumpukan kalori. Setelah metabolisme melambat dan kalori menumpuk, kalori akan berubah menjadi lemak dan menyebabkan kenaikan berat badan. Banyak variabel yang berkontribusi terhadap metabolisme, termasuk faktor keturunan, jenis kelamin, dan usia. Nah, selain faktor yang sulit dihindari tadi, Ahli Nutrisi Sidney Fry, MS, RD, menemukan penyebab utama lambatnya metabolisme yang tanpa sadar kita lakukan sehari-hari seperti yang dilansir Kompas.com berikut ini:

Melewatkan sarapan Terlambat bangun, harus mengurus keperluan rumah, ditambah padatnya lalu lintas, bisa menjadi penyebab kamu melewatkan sarapan. Banyak yang tidak menganggapnya sebagai masalah besar tetapi ternyata sangat mempengaruhi bagaimana metabolisme bekerja.

"Metabolisme melambat saat tidur. Kamu perlu mendorong metabolisme untuk memberikan tubuh dorongan energi. Namun, ini tidak berarti kamu bisa meraih muffin penuh gula atau donat sebagai pilihan cepat,'' kata Fry.

Gula dan karbohidrat olahan akan menyebabkan metabolisme menjadi terganggu. Sehingga, bukannya mendorong energi, namun membuatmu lelah dan lapar. Pilih makanan tinggi protein dan serat untuk sarapan.

Konsumsi karbohidrat olahan Karbohidrat olahan sangat berbeda dari karbohidrat yang ditemukan dalam biji-bijian, buah-buahan dan sayuran. Jangan mengonsumsi karbohidrat olahan seperti tepung terigu dan gula. Mereka sangat cepat untuk dicerna dan mengandung kalori tinggi yang kosong. Ini akan membuatmu merasa lapar lebih cepat, menyebabkan makan lebih banyak yang kemudian tentu menyebabkan kenaikan berat badan. Maka dari itu segera kurangi atau tinggalkan konsumsi karbohidrat olahan. Ganti dengan gandum, atau konsumsi buah dan sayur. Nah, semakin tinggi serat dalam makanan yang kamu konsumsi, akan membuat tubuhmu bekerja memecah nutrisi, yang secara alami meningkatkan metabolisme.

Mengonsumsi fruktosa tinggi Fruktosa atau gula yang diproses tidak hanya bersembunyi di soda, namun dapat dengan mudah ditemukan dalam makanan ringan, es krim, dan bahkan kerupuk. Gula tersembunyi di mana-mana dengan banyak nama yang berbeda, salah satunya sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS) adalah salah satu penyebab kerusakan metabolisme terbesar.

"Konsumsi jangka panjang HFCS ditemukan mampu meningkatkan lemak tubuh pada tingkat yang lebih tinggi dan lebih cepat, meningkatkan risiko sindrom metabolik," jelas Fry.

HFCS tidak seperti gula meja, itu merupakan molekul gula bebas dan terikat yang lebih mudah diserap dan dimanfaatkan. Berarti tubuh memiliki sedikit pekerjaan yang harus dilakukan untuk memprosesnya, sehingga memperlambat metabolismu.

Ada baiknya tinggalkan minuman berfruktosa. Ganti air minummu dengan air mineral. Cheers Alkaline Powered tidak hanya meredakan dahaga, kandungan alkalinenya membantu meningkatkan metabolisme sehingga kalori terbakar sempurna menjadi energi. Alhasil, badan lebih sehat, segar, dan aktivitas berjalan lancar sepanjang hari.

Trending

01

Memilih Air Minum pH Tinggi? Perhatikan Hal-Hal Ini!
29 December 2022 Admin 5min read

03

Sehat dan Seimbang dengan Air Minum pH Tinggi
10 November 2022 Admin 5min read

04

5 Tips Tetap Aktif dan Produktif di Bulan Puasa
05 April 2022 Admin 4min read

05

Makin Sehat di 2022, Bisa Yuk!
27 December 2021 Admin 5min read

06

07

08

2.400 Air Minum CHEERS Untuk TNI Bangkalan
25 June 2021 Admin 3min read

09

Kebiasaan Pagi Hari Ini Buat Kulit Kamu Sehat
02 June 2021 Admin 3min read

010

Tetap Seru Lebaran Di Rumah Saja
08 May 2021 Admin 3min read

011

Tips Tingkatkan Self Love
24 April 2021 Admin 3min read

012

Perhatikan Hal Ini Sebelum Olahraga Ketika Puasa
16 April 2021 Admin 3min read

013

Perhatikan Asupan Alkaline Kamu Cheers Friends!
22 January 2018 Admin 3min read

014

Trik Berolahraga Bagi Kamu yang Super sibuk
21 November 2017 Admin 3min read

015

Meningkatkan Metabolisme? Lakukan 5 Cara Ini!
13 October 2017 Admin 3min read

016

8 Fakta Kondisi Tubuh Saat Puasa
02 June 2017 Admin 3min read
Chat us on
Whatsapp
Chat us on Whatsapp