5 RAHASIA GINJAL SEHAT DAN KUAT

23 October 2020 Admin 3 min read
Share to :

Ginjal adalah salah satu organ vital yang berperan menyaring racun dari dalam tubuh. Oleh karena itu menjaga ginjal tetap sehat adalah keharusan. Namun, tahukah kamu? Menjaga ginjal tetap sehat sebenarnya tidak sulit kok. Yuk coba tips dari Cheers berikut ini.

1. Air putih untuk cukupi kebutuhan cairan tubuh
Minum air putih seringkali disepelekan. Padahal minum air putih sangat penting untuk kesehatan terutama ginjal. Air dapat membantu membersihkan natrium dan racun yang ditampung oleh ginjal sehingga menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Jadi, minumlah air putih minimal 8 gelas atau sekitar 2 liter per hari untuk menjaga ginjal tetap sehat dan optimal. Cheers Alkaline Healthy Water pilihan tepat untuk mencukupi cairan tubuhmu setiap hari. Mengandung pH up to 8.5 yang membantu menyeimbangkan pH tubuh sehingga kekebalan tubuh lebih terjaga.

2. Perhatikan Pola Makan
Klise memang. Namun, asupan makanan yang masuk ke tubuh sangat mempengaruhi kesehatan kita. Merujuk dari Healthline yang dimuat oleh Kompas.com, makanan yang baik untuk ginjal adalah makanan segar yang rendah sodium baik untuk ginjal. Misalnya saja kembang kol, blueberry, ikan, biji-bijian, dan masih banyak lagi. Makanan tersebut bisa membantu kita mengontrol berat badan agar terhindar dari obesitas. Obesitas sendiri biasanya juga diikuti berbagai masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hingga penyakit kardiovaskular. Penyakit-penyakit tersebut kerap kali menjadi pintu masuk untuk merusak ginjal. Untuk menghindari masalah-masalah kesehatan tersebut, kamu juga bisa mengurangi makanan yang tinggi lemak, garam, dan gula.

3. Olahraga
Sudah jadi rahasia umum jika rutin berolahraga baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk ginjal. Olahraga teratur dapat membantu tubuh mengontrol tekanan darah, glukosa, dan kadar kolesterol. Ketiganya komponen tersebut adalah hal yang perlu dikendalikan untuk mencegah penyakit ginjal. Kamu tidak perlu kok olahraga berat yang sekiranya tidak bisa kamu lakukan. Ada banyak jenis aktivitas fisik lainnya yang mudah dilakukan, seperti jalan santai, jogging, hingga bersepeda. Cobalah untuk menemukan olahraga yang membuatmu senang sekaligus menyehatkan bagi tubuh.

4. Stop Rokok dan Alkohol
Bagi para perokok mungkin sudah saatnya untuk berhenti karena kandungan dalam rokok memang terbukti dapat merusak tubuh, termasuk fungsi ginjal. Begitu juga dengan alkohol. Berbagai kerusakan bisa terjadi jika kamu tidak membatasi alkohol yang masuk ke tubuh, termasuk penurunan fungsi ginjal. Hal ini dikarenakan efek diuretik pada alkohol bisa meningkatkan jumlah urine yang diproduksi. Akibatnya, ginjal sulit mengatur aliran urine dan cairan tubuh, termasuk mengendalikan ion natrium, kalium, dan klorida. Jika hal tersebut terjadi, tubuh mengalami ketidakseimbangan cairan elektrolit yang menyebabkan dehidrasi.

5. Perhatikan Konsumsi Obat & Vitamin
Penggunaan obat yang terlalu sering dalam jumlah banyak dapat merusak ginjalmu. Hal ini karena ginjal berperan dalam pembuangan sisa-sisa obat dari tubuh. Obat-obatan seperti obat NSIAD dan pencahar perlu diminum seusai dengan rekomendasi dokter demi menjaga kesehatan ginjalmu. Oleh sebab itu, jangan pernah sembarangan ketika mengonsumsi obat. Pasalnya, penyakit ginjal bisa muncul akibat terlalu lama dan terlalu banyak minum obat-obatan dari yang dianjurkan.  

Trending

01

Memilih Air Minum pH Tinggi? Perhatikan Hal-Hal Ini!
29 December 2022 Admin 5min read

03

Sehat dan Seimbang dengan Air Minum pH Tinggi
10 November 2022 Admin 5min read

04

5 Tips Tetap Aktif dan Produktif di Bulan Puasa
05 April 2022 Admin 4min read

05

Makin Sehat di 2022, Bisa Yuk!
27 December 2021 Admin 5min read

06

07

08

2.400 Air Minum CHEERS Untuk TNI Bangkalan
25 June 2021 Admin 3min read

09

Kebiasaan Pagi Hari Ini Buat Kulit Kamu Sehat
02 June 2021 Admin 3min read

010

Tetap Seru Lebaran Di Rumah Saja
08 May 2021 Admin 3min read

011

Tips Tingkatkan Self Love
24 April 2021 Admin 3min read

012

Perhatikan Hal Ini Sebelum Olahraga Ketika Puasa
16 April 2021 Admin 3min read

013

Perhatikan Asupan Alkaline Kamu Cheers Friends!
22 January 2018 Admin 3min read

014

Trik Berolahraga Bagi Kamu yang Super sibuk
21 November 2017 Admin 3min read

015

Meningkatkan Metabolisme? Lakukan 5 Cara Ini!
13 October 2017 Admin 3min read

016

8 Fakta Kondisi Tubuh Saat Puasa
02 June 2017 Admin 3min read
Chat us on
Whatsapp
Chat us on Whatsapp