5 Tips Tetap Aktif dan Produktif di Bulan Puasa

05 April 2022 Admin 4 min read
Share to :

Menjalankan puasa bukan lantas menjadi halangan untuk tetap aktif dan produktif. Boleh saja pola makan dan mungkin tidur kita sedikit berubah, tapi hal ini jangan lantas mengganggu fokusmu ya. Cheers Friends! CHEERS merangkum lima tips agar kamu tetap aktif dan produktif selama puasa.

1. Asupan Makanan Bergizi Seimbang

Selama menjalankan puasa usahakan untuk tetap memenuhi asupan gizi untuk tubuh kita. Hal ini membantu kita untuk tetap aktif selama puasa. Bijaklah dalam memilih menu berbuka puasa dan sahur. Asupan makanan yang diperlukan saat buka dan sahur bukanlah dengan jumlah yang banyak, melainkan cukup.

Menurut Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Karina Dwi Handini seperti yang dilansir oleh BangkaPos.com, prinsip memilih asupan makanan untuk sahur dan buka puasa diantaranya mengandung karbohidrat komplek, tinggi protein, lemak sehat dan tinggi serat. Bahan makanan ini akan memberikan efek kenyang yang lebih lama karena membutuhkan waktu cerna yang juga lebih lama. Karbohidrat kompleks dapat diperoleh dari ubi, kentang, jagung, dan nasi merah. Kebutuhan serat bisa didapat dari sayur dan buah-buahan.

2. Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Saat puasa tubuh kita tidak mendapatkan asupan cairan selama hampir 12 jam. Hal itu menyebabkan tubuh rentan dehidrasi. Melansir Healthline, dehidrasi ringan dapat menurunkan memori dan kinerja otak, meningkatkan perasaan cemas, hingga merusak suasana hati. Oleh sebab itu kebutuhan minimal 8 gelas air mineral harus tercukupi.

Cheers Friends bisa membaginya saat buka dan sahur. Misal 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur. Komposisi ini tentu disesuaikan dengan aktivitas dan kebutuhan tiap individu. Bisa ditambah dengan konsumsi buah dengan kandungan air yang lebih bayak. Pemilihan air minum sehat juga penting saat puasa. Cheers Alkaline dengan pH up to 8.5 menjadi pilihan sehat karena membantu hidrasi tubuh lebih optimal selama berpuasa sehingga kamu tetap bisa aktif dan produktif.

3. Luangkan Waktu Berolahraga

Tubuh bugar tentu bisa meningkatkan produktifitas. Oleh karena itu olahraga bisa menjadi alternatif. Meski puasa, olahraga tetap bisa dilaksanakan. Hanya saja porsi dan waktunya berbeda. Pilih jenis olahraga ringan dengan intensitas yang tidak tinggi. Biasanya saat puasa olahraga dilakukan pagi hari setelah sahur/subuh atau sore hari menjelang buka puasa.

4. Buat To Do List

Di bulan Ramadan, kamu tetap bisa menyeimbangkan pekerjaan dan ibadah, karena keduanya sama-sama memiliki kewajiban tersendiri. Agar bisa tetap produktif saat puasa, maka sebaiknya coba untuk membuat to do list, atau membuat daftar mana saja pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Sebagai saran, ada kerjaan yang jadi prioritas utama, karena pekerjaan yang sesuai prioritas akan membuat lebih produktif dan tidak kewalahan dalam memenuhi deadline dari atasan.

5. Istirahat Cukup

Pola tidur akan sedikit terganggu ketika berpuasa. Namun, kita bisa mengaturnya agar mendapatkan kualitas tidur yang baik. Usahakan untuk tidur maksimal pukul 22.00 WIB untuk bangun sahur pada pukul 03.30 WIB. Selain itu, atur ruangan tidur senyaman mungkin agar mendapat tidur yang berkualitas. Dengan istirahat yang cukup dan berkualitas, kamu akan lebih aktif dan produktif selama puasa.

 

Trending

01

5 Tips Tetap Aktif dan Produktif di Bulan Puasa
05 April 2022 Admin 4min read

02

Makin Sehat di 2022, Bisa Yuk!
27 December 2021 Admin 5min read

03

04

05

2.400 Air Minum CHEERS Untuk TNI Bangkalan
25 June 2021 Admin 3min read

06

Kebiasaan Pagi Hari Ini Buat Kulit Kamu Sehat
02 June 2021 Admin 3min read

07

Tetap Seru Lebaran Di Rumah Saja
08 May 2021 Admin 3min read

08

Tips Tingkatkan Self Love
24 April 2021 Admin 3min read

09

Perhatikan Hal Ini Sebelum Olahraga Ketika Puasa
16 April 2021 Admin 3min read

010

Trik Berolahraga Bagi Kamu yang Super sibuk
21 November 2017 Admin 3min read

011

Meningkatkan Metabolisme? Lakukan 5 Cara Ini!
13 October 2017 Admin 3min read

012

8 Fakta Kondisi Tubuh Saat Puasa
02 June 2017 Admin 3min read
Chat us on
Whatsapp
Chat us on Whatsapp