Air Alkali vs Air Mineral Biasa: Mana yang Lebih Baik?

25 April 2024 Admin min read
Share to :

Benarkah air alkali lebih bermanfaat daripada air mineral biasa? Lalu, apa yang membedakan air alkali dengan air mineral biasa?

Kamu mungkin penasaran dengan hal tersebut setelah mendengar informasi tentang air alkali yang sedang ngetren belakangan ini. Wajar saja, karena semua orang ingin memberi asupan terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Air alkali adalah air yang mengandung pH lebih tinggi dari air mineral biasa. Sebagian orang percaya, minum air mineral dengan pH tinggi mampu membantu mencegah penyakit tertentu, seperti refluks asam dan kanker.

Untuk mengenal lebih lanjut tentang air alkali, simak penjelasan berikut yang membahas tentang perbedaan air alkali dan air mineral biasa, serta manfaatnya untuk kesehatan.

Perbedaan Air Alkali dan Air Mineral

Air alkali berbeda dengan air mineral biasa. Jika air mineral biasa memiliki tingkat pH 7 atau netral, maka air alkali mengandung pH yang lebih tinggi dari 7.

Angka pH sendiri adalah indikator yang menunjukkan seberapa asam atau basa suatu air atau zat. Jika air diukur dan menghasilkan pH antara 0-6, maka air tersebut bersifat asam. Sementara jika hasil ukur pH suatu air menunjukkan angka 8-14, maka air tersebut bersifat basa.

Selain tingkat pH-nya, kita juga bisa mengetahui perbedaan air alkali dan air mineral biasa dari proses pembuatan, kandungan mineral, dan manfaat kesehatannya. Berikut detail penjelasannya.

1. Tingkat pH

Kandungan pH pada air mineral biasa yaitu 7 yang artinya seimbang atau netral. Sementara kandungan pH air alkali berada di tingkat lebih tinggi dari 7, yaitu bisa 8 atau 9.

Apakah air dengan tingkat pH yang tinggi itu aman? Tentu, air dengan pH tinggi aman dikonsumsi oleh manusia, bahkan dapat membantu menghilangkan gejala dehidrasi yang terjadi ketika kadar pH tubuh lebih rendah.

2. Proses Pembuatan

Dari proses pembuatannya, air alkali dan air mineral pun berbeda. Air alkali sendiri bisa diproses dengan dua metode: Pertama, air alkali yang diambil langsung dari sumber mata air dilakukan pembersihan, sehingga menghasilkan air alkali yang murni dan jernih. Kedua, air alkali dari sumber mata air kemudian melalui proses ionisasi yang membuat air mengandung magnesium, potasium, silika, kalsium, dan bikarbonat.

3. Kandungan Mineral

Lokasi di mana air diambil sangat mempengaruhi kandungan mineral dalam air. Air alkali sendiri berasal dari sumber mata air langsung di daerah pegunungan atau sungai bebatuan yang jernih.

Karena air mengalir melewati bebatuan, air akan ikut menyerap mineral di lingkungan yang dilaluinya. Sehingga meningkatkan pH dan memperkaya kandungan mineral pada air alkali.

Beberapa kandungan mineral alami dalam air alkali, yaitu kalsium, magnesium, kalium, potassium, dan bikarbonat. Sementara itu, kandungan mineral pada air biasa, antara lain natrium, selenium, magnesium, dan kalsium.

4. Manfaat Kesehatan

Pada dasarnya, manfaat kesehatan yang ditawarkan air alkali dan air biasa tidak jauh berbeda apabila dikonsumsi dengan benar. Baik air alkali dan air biasa sama-sama dapat mencegah dehidrasi, menjaga kesehatan pencernaan, dan meningkatkan daya ingat otak.

Yang membedakan yaitu, kandungan mineral pada air alkali lebih banyak, sehingga dianggap lebih baik dan reaksinya lebih cepat dalam tubuh daripada air biasa.

Air Mineral yang Mengandung Alkali

Air mineral yang mengandung alkali disebut juga air mineral alkali atau air mineral pH tinggi. Air jenis ini memiliki rasa yang cenderung pahit namun menyegarkan, karena pH udara yang tinggi atau lebih dari 7.

Meskipun kadar pH-nya tinggi, namun menurut UCLA Health, air mineral alkali tidak menimbulkan risiko kesehatan apapun, seperti kulit kering, iritasi, atau masalah kesehatan lainnya. Justru, air alkali dipercaya mampu membantu mencegah timbulnya penyakit dengan cara menetralkan asam tubuh dan mengembalikan pH tubuh agar seimbang.

Salah satu air mineral yang mengandung alkali yang baik untuk kesehatan yaitu Cheers. Cheers Alkaline Water mengandung pH 8,5 yang membantu mengembalikan pH tubuh menjadi netral, menghidrasi tubuh, dan detoksifikasi.

Manfaat Air Mineral Alkali pH Tinggi

Sampai saat ini, manfaat air minum pH tinggi masih terus dipelajari. Dilansir Mayo Clinic dan WebMD, beberapa manfaat air alkali pH tinggi bagi tubuh, diantaranya:

  • Menetralkan asam dalam darah
  • Mencegah penyakit kanker
  • Mencegah penyakit jantung
  • Membantu memperlambat pengeroposan tulang
  • Mencegah penuaan dini
  • Meningkatkan energi
  • Meningkatkan proses metabolisme

Mengonsumsi air mineral alkali secara rutin dapat mendukung kesehatan tubuh, karena manfaat dari kandungan mineral dan pH tinggi di dalamnya. Jadi, tidak perlu khawatir untuk minum air mineral alkali, ya.

Trending

01

Memilih Air Minum pH Tinggi? Perhatikan Hal-Hal Ini!
29 December 2022 Admin 5min read

03

Sehat dan Seimbang dengan Air Minum pH Tinggi
10 November 2022 Admin 5min read

04

5 Tips Tetap Aktif dan Produktif di Bulan Puasa
05 April 2022 Admin 4min read

05

Makin Sehat di 2022, Bisa Yuk!
27 December 2021 Admin 5min read

06

07

08

2.400 Air Minum CHEERS Untuk TNI Bangkalan
25 June 2021 Admin 3min read

09

Kebiasaan Pagi Hari Ini Buat Kulit Kamu Sehat
02 June 2021 Admin 3min read

010

Tetap Seru Lebaran Di Rumah Saja
08 May 2021 Admin 3min read

011

Tips Tingkatkan Self Love
24 April 2021 Admin 3min read

012

Perhatikan Hal Ini Sebelum Olahraga Ketika Puasa
16 April 2021 Admin 3min read

013

Perhatikan Asupan Alkaline Kamu Cheers Friends!
22 January 2018 Admin 3min read

014

Trik Berolahraga Bagi Kamu yang Super sibuk
21 November 2017 Admin 3min read

015

Meningkatkan Metabolisme? Lakukan 5 Cara Ini!
13 October 2017 Admin 3min read

016

8 Fakta Kondisi Tubuh Saat Puasa
02 June 2017 Admin 3min read
Chat us on
Whatsapp
Chat us on Whatsapp